Value Proposition : Elemen Penting Untuk Menarik Konsumen

Value proposition merupakan salah satu faktor utama yang harus dimiliki perusahaan untuk memperoleh customer yang loyal.

Bahkan, Wordstream menyimpulkan bahwasanya value proposition merupakan faktor terpenting dalam pemasaran. Dengan menggunakan value proposition seorang penjual lebih mudah untuk memperlihatkan keunggulan dari produknya.

Tak hanya itu, value proposition juga akan membuat suatu produk lebih menonjol jika dibandingkan dengan kompetitor yang lainnya.

Apa Itu Value Proposition (VP)

Mudahnya VP dapat diartikan sebagai alasan mengapa seorang pelanggan harus memilih produk tersebut dibanding produk sejenis lainnya. 

Adapun definisi lain menurut Investopedia,VP merupakan sebuah nilai yang dijanjikan sebuah perusahaan apabila customer membeli produk mereka.

Biasanya hal ini ditunjukkan dalam iklan pemasaran mereka sebelum pembelian. 

Oleh karena itu, value proposition yang tepat kan menarik pelanggan lebih kuat. Jadi, pastikan suatu produk memiliki value propositionnya masing-masing.

Elemen Value Proposition

Ada  beberapa elemen dalam VP yang harus diketahui oleh pebisnis, diantaranya:

1. Newness

Elemen utama dan penting dalam value proposition adalah newness. Elemen ini dimaksudkan bahwasanya sebuah produk selalu harus memiliki pembaharuan untuk para customernya. 

Hal ini juga akan memicu perusahaan untuk selalu membuat inovasi baru dan meninggalkan kompetitornya. Biasanya elemen ini akan selalu bersinggungan dengan teknologi yang sedang berinovasi pula.

2. Performance

Elemen selanjutnya yang tak kalah penting juga salah performance. Performance selalu berkaitan dengan kinerja dari perusahaan. Biasanya performance ini dilihat dari hal-hal yang berhubungan dengan digital maupun teknologi seperti developing, website, hingga perangkat yang digunakan untuk memproduksi. 

3. Customization

Customization merupakan elemen ketiga dalam VP. Elemen ini berguna untuk pengaturan fleksibilitas. Artinya suatu produk harus menyesuaikan kebutuhan pelanggan, bukan sebaliknya. Bahkan, perusahaan harus melakukan riset agar bisa mengetahui customization apa yang paling relate dengan market produk mereka. 

4. Menyelesaikan masalah

Problem solving tentunya juga masuk dalam VP. Elemen ini akan berguna untuk menyelesaikan isu-isu yang terjadi dalam sebuah perusahaan.  tentunya sebelum itu, perusahaan harus mampu mendeteksi isu atau problem apa yang sedang terjadi dengan customer.

Tentunya apabila suatu produk tidak bisa menyelesaikan masalah pelanggan, maka produk itu akan dianggap kurang baik.

 5. Design

Desain merupakan salah satu elemen penting dalam VP yang mudah untuk diukur. Hal ini karena setiap desain akan selalu memiliki karakter sendiri.. Kamu dapat menyesuaikan desain produk dengan karakter yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Visualisasi yang baik akan membuat pelanggan semakin yakin dengan produk kamu. pastikan juga untuk selalu membuat desain sesuai dengan target market kamu. kamu bisa menyelesaikannya dengan riset terlebih dahulu ya!

6. Brand

CXL menemukan bahwasanya brand merupakan hal yang sangat penting untuk VP.

Elemen inilah yang akan membuat pelanggan merasa bangga saat akan memakai produknya. tentu nilai ini akan bernilai mahal dan elegan. Sehingga tidak semuanya harus diukur dari harga, namun dari nilai juga.

7. Harga

Elemen berikutnya yang juga tak kalah penting adalah harga. Tentunya harga akan menjadi faktor pembelian customer terhadap produk. Biasanya semakin murah produk, maka semakin mudah pembeli untuk memutuskan akan membelinya atau tidak.  Namun, tidak selamanya produk akan mempengaruhi pembelian customer atau pelanggan ya!

8. Aksesibilitas

Hal terakhir yang tak kalah penting dalam value proposition adalah aksesibilitas. Elemen ini yang akan membuat suatu produk bisa dijangkau oleh banyak orang dengan latar belakang maupun komponen yang berbeda. Tentunya eleen ini harus diatur sebelum suatu produk launching ya!

Cara Meningkatkan Value Proposition

Value proposition merupakan elemen penting apabila suatu perusahaan ingin meningkatkan jumlah pembelian terhadap produk mereka. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan value proposition yang mana diadaptasi dari Oberlo :

  1. Perdalam Visi dan Misi Perusahaan

Sudahkah  kamu mengetahui visi dan misi dari perusahaan? Jika belum hal ini harus digali lagi! Hal ini karena visi misi perusahan  akan diterjemahkan dalam bentuk value dan brand yang mana akan menentukan strategi perusahaan  berikutnya. Visi misi perusahaan  juga akan menentukan identitas perusahaan yang dikenal oleh customer maupun kompetitor.

2. Riset Pada Customer Untuk Melihat Value Proposition

Value proposition akan membuat customer lebih percaya kepada perusahaan. Oleh karena itu dibutuhkan  riset yang mendalam agar perusahaan dapat mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh perusahaan.  dengan begitu, secara jelas perusahaan dapat memenuhi ekspektasi dari pelanggan.

3. Analisa Kompetitor Untuk Penentuan Value Proposition

Tak hanya dalam penentuan produk, proses analisis kompetitor juga memerlukan VP loh! Tentunya setiap bisnis akan memiliki kompetitor di dalamnya. Nah, dari hal tersebut diperlukan analisa kompetitor yang mana akan bisa menjawab apa keunggulan produk kamu jika dibandingkan dengan kompetitor.

Dengan mengetahui kompetitor kamu juga bisa melihat irisan market mereka yangs edang bersaing dengan kamu.

Apabila sudah mengetahui apa saja keunggulan dan kelemahan kompetitor, selanjutnya kamu bsi menyiapkan strategi USP atau unique selling proposition untuk produk kamu.

Apabila brand memiliki USP yang kuat biasanya mereka lebih dilirik oleh customer.

4. Tonjolkan Kemudahan Pelanggan Jika Memiliki Produk

Idealnya value proposition akan membuat seorang pelanggan tertarik, paling tidak untuk kepo terhadap produk kamu. 

Oleh karena itu, tak heran jika banyak perusahan yang  selalu mencantumkan kelebihan produk mereka pada proses promosi. Biasanya hal ini bisa dilakukan saat pelanggan mulai kelo terhadap produk kamu dengan menggunakan website official.

Nah, pembuatan website untuk perusahaan memang penting. APalagi saat ini banyak customer yang menentukan kredibilitas suatu produk lewat website perusahaan yang memproduksinya. 

Pastikan juga untuk selalu mencantumkan value proposition yang dimiliki produk di sebuah website. Kamu bisa membuat website keren secara custom dengan harga terjangkau di TEBAR.CO.ID. Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk memilih membeli produk kamu.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan value proposition yang perlu kamu ketahui. pastikan untuk menetapkan value proposition yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan kamu ya!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest

Share This