5 Langkah Marketing Hemat untuk Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan penjualan menjadi isu utama bagi sebagain besar perusahaan. Penjualan menjadi inidikator keberhasilan sebuah bisnis. Tak jarang perusahan-perusahaan yang bisa dikatakan penjualannya tinggi, merasa ingin terus meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu cara meningkatkan penjualan menjadi tren isu yang paling banyak dicari khususnya oleh pebisnis.

Lalu bagaimana cara meningkatkan penjualan?

Ada banyak artikel yang membahas hal serupa mulai dari cara A – Z sudah dilakukan untuk meningkatkan penjaulan. Mulai dari program promo besar-besaran bahkan beriklan disemua kanal media. Memang cara ini cukup baik mendatangkan penjualan. Namun perlu dipertimbangkan mengingat hal tersebut memerlukan anggran yang tidak sedikit. Perlunya perencanaan yang matang dan proses yang panjang agar apa yang kita keluarkan setara dengan apa yang kita harapkan.

Ada cara lain yang mungkin sebelumnya belum terpikirkan. Bagaimana cara meningkatkan penjualan namun dengan cara yang hemat. Pada artikel ini akan dibahas bagaiaman cara meningkatkan penjualan dengan cara yang hemat tanpa beriklan.

Cara ini mungkin kurang efektif jika diterapkan perusahaan yang baru berdiri. Tetapi jika Anda memiliki banyak data itu tidak masalah. Data kontak memiliki peranan penting bagi sebuah bisnis untuk mendatangkan penjualan. Dari data kontak inilah tercipta deal-deal baru yang diharapkan perusahaan. Jika selama ini Anda kurang memperhatikan data kontak, mulai sekarang kumpulkan kembali data tersebut kemudian kelola dengan baik agar mendatangkan penjualan.

Inilah cara mengelola data kontak agar mendatangkan penjualan.

1. Kumpulkan Data Lead dan Pelanggan

Kumpulkan semua data pelanggan dan lead yang pernah menghubungi Anda lengkapi semua identitasnya, semakin lengkap tentu akan semakin mempermudah dalam melakukan peninjauan. Misalnya Nama, Kontak, Alamat, Riwayat Pembelian, dan informasi lainnya yang Anda butuhkan.

Penjualan tidak hanya bisa datang dari lead yang belum deal tetapi juga bisa datang dari pelanggan lama Anda, untuk itulah Anda perlu menyimpan dan merawatnya dengan baik.

2. Pisahkan Antara Data Pelanggan dan Lead

Kenapa hal ini perlu dilakukan? Tujuannya untuk mempermudah kita dalam memperlakukan lead maupun pelanggan. Tentunya lead yang belum pernah menggunakan layanan atau produk kita pasti perlu perlakukan yang berbeda dibandingkan pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk atau layanan kita. Untuk memperlakukan lead tentu perlu cara tersendiri untuk menyakinkan produk yang kita jual. Misalkan kita perlu memberikan  testimoni, menawarakan tester, coba gratis dan sejenisnya.

Jika Anda sudah bisa membedakan atara pelanggan dan lead, Anda akan lebih mudah menyusun program-program untuk mendatangkan penjualan. Anda bisa menijau kembali lead-lead yang belum deal. Apa yang menyebabkan mereka tidak tertarik dengan produk Anda atau ada hal lain yang mereka butuhkan. Dari data ini Anda bisa mendapatkan peluang baru. Bahkan dari data pelanggan, Anda bisa menggali apa yang kurang dari produk saat ini, sehingga mendaji perbaikan untuk meningkatkan produk Anda. Atau justru pelanggan lama membutuhkan layanan lain dari Anda. Menarik untuk meningkatkan penjualan bukan.

3. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Lead dan Pelanggan

Tidak hanya sekedar dikumpulkan, agar mendatangkan penjualan tentu perlu ada pengelolaan. Disinislah peran data digunakan, jika data lead dan pelanggan Anda lengkap tentu akan memeprmudah Anda mengambil langkah untuk Anda mulainmenghubungi. Dari obrolan yang terjadi setidaknya Anda mengetahui apa yang diharapkan cutomer sebelum akhirnya memutuskan membeli produk Anda.

Komunikasi dan menjalin hubungan yang baik adalah cara untuk meningkatkan penjualan. Bagaimana pelanggan Anda bisa tau Anda mengeluarkan produk baru jika tanpa komunikasi. Meskipun sudah beriklan Anda tidak boleh melupakan pelanggan setia Anda. Buat dia merasa spesial agar semakin loyal dengan produk Anda. Tingkatkan terus levelnya hinga mencapai titik dimana mereka akan membela Anda, merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.

4. Pantau Progress Secara Teratur dan Terjadwal

Cara selanjutnya untuk meningkatkan penjualan. Selama proses komunikasi tentu Anda harus memantau progress masing-masing lead, Agar apa yang perlu dilakukan selanjutnya untuk meningkatkan journey dapat dipersiapkan. Sebagai contoh lead menginginkan dijelaskan secara langsung produk Anda. Tentu Anda harus mengagendakan. Jika hanya satu atau dua klien tidak membuat Anda pusing, tetapi bagiamana jika lead Anda banyak dan membutuhkan perlakuan yang berbeda-beda. Tentu membuat cukup pusing.

5. Menggunakan Aplikasi CRM

Meningkatkan penjualan dengan Apliaksi CRM. Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui apa itu Apliaksi CRM. Apliaksi CRM adalah aplikasi yang dapat membantu mempermudah dalam mengelola hubungan yang baik dengan cutomer, sebagaimana proses-proses diatas merupakan tahapa untuk menerapkan CRM (Customer Relationship Management). Aplikasi CRM ini menjadi jawaban atas kesuliatan-kesuliatan pada proses diatas.

Dengan menggunakan Aplikasi CRM Anda dapat lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya. Bagaimana tidak, Begitu cepat menemukan kontak, melihat informasinya secara lengkap, menemukan prospek, melihat progressnya, memantau jadwal komunikasi, menemukan peluang baru, memantau hasil penjualan, mengetahui jumlah penjaulan, dll. Semua dapat Anda lakukan dengan cepat dimanapun dan kapanpun. Jika Anda bisnis owner Anda bisa dengan mudah memantau para pegawai Anda, bagaimana kinerjanya dalam menghasilkan lead, mendatangkan penjualan, mengelola data, dll.

Ada banyak apliaksi CRM tersedia dipsaran dengan beragam penawaran fitur dan fasilitas yang diberikan. Namun sebelum memutuskan menggunakan CRM Anda perlu melihat apakah sesuai dengan model bisnis yang Anda jalankan, apakah biayanya sesuai dengan anggran Anda, Apakah fasilitas yang diberikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini rekomendasi aplikasi CRM yang dapat Anda gunakan.

Apliaksi ini dapat digunakan hampir semua bidang usaha. Fiturnya yang lengkap dan mudah digunakan bagi orang awam sekalipun. Tak perlu berlangganan cukup sekali bayar Anda sudah bisa menggunakan apliakis CRM. Fasiliast yang dberikan mulai dari support, update berkala fitur-fitur terbaru dan masih banyak lagi. Lebih lengkapnya Anda bisa klik disini.

Sudah banyak yang mersakan bagaimana kekuatan data lead untuk mendatangkan penjualan, karena data merupakan aset yang tak ternilai. Banyak cara untuk mendapatkan lead mualai dari beriklan, mengadakan event hingga kanvasing yang mana membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Alih-alih data lead yang tidak berhasil deal dibuang begitu saja akan lebih baik jika dikeleola untuk kemudian hari.

Bukan berati beriklan atau menggunakan cara serupa untuk meningkatkan penjualan tidak perlu dilakukan. Jika Anda merasa perlu mendatangkan lead baru tentu cara terbaik adalah dengan beriklan. Sebelum menerapkan CRM tetntu Anda harus sudah memiliki data, baik data lead maupun pelanggan Anda. Dengan Apliaksi CRM lead yang Anda peroleh dapat dikelola dengan baik, sehingga anggran tidak terbuang sia-sia. Jika tidak mendatangkan deal saat itu juga, mungkin diwaktu mendatang akan menghasilkan penjualan bagi Anda.

Kuncinya pengelolaan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dapat meningkatkan peluang penjualan Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jika Anda tertarik dengan artikel kami silahkan kunjungi tebar.co.id 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This