Strategi Pemasaran Online dan Tipsnya Untuk Pemula

Pemasaran online merupakan bagian dari strategi pemasaran yang menggunakan segala sesuatu dengan basis digital. Misalnya dengan menggunakan website, blog, ads, media sosial, email, ads, dsb. Strategi pemasaran online dinilai cukup efektif untuk zaman sekarang mengingat banyaknya pengguna internet aktif di seluruh niche market yang ada.

Strategi Pemasaran Online Untuk Bisnis Pemula

Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran online yang bisa digunakan oleh para pebisnis pemula!

1. E-Mail Marketing

Strategi pemasaran online yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah e-mail marketing. Email marketing umumnya dipakai bersamaan dengan website bisnis. Email marketing ada dalam corong funnel konversi. 

Oleh karena itu, sebelum membuat email marketing yang bagus, alangkah lebih baiknya jika kamu membangun website yang menarik terlebih dahulu. Kamu bisa membangun website yang menarik menggunakan jasa TEBAR.CO.ID 

2. Branding

Branding merupakan identitas yang harus dimiliki produk kami. Misalnya saja Macbook yang memiliki branding mahal dan eksklusif. Tentunya, meski barang tersebut mahal namun, marketnya tetap ada  karena yang menarik adalah brand-nya. Membangun sebuah brand adalah perjalanan panjang.

Diantara contoh artefak dari brand yaitu logo, merk, tagline dan masih banyak lagi. Tentunya kamu  juga harus membuat strategi agar brand kamu makin dikenal banyak orang, yang mana ini akan meningkatkan brand awareness.

3. CRM atau customer relationship management

Strategi pemasaran online yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan CRM atau customer relationship management. CRM memiliki fokus untuk menjaga hubungan antara brand dan customer. Tentu Nya hubungan yang baik akan memberikan dampak berupa loyalitas customer pada brand. 

Apabila sebuah brand memiliki CRM yang baik dengan customernya, biasanya brand  tersebut akan memiliki reputasi yang baik dengan customer. Bahkan tidak jarang customer malah membantu untuk mempromosikan secara gratis karena kepuasannya tersebut.

4. Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan salah satu strategi pemasaran online yang baru mulai naik  daun belakangan ini. APalagi mengingat pertumbuhan penggunaan sosial media yang signifikan, membuat para  influencer marketing ini memiliki peran besar dalam proses pemasaran digital.

Dilansir dari Sprout Social, influencer marketing saat ini menjadi salah satu strategi marketing yang paling efektif karena customer lebih yakin dengan apa yang disampaikan oleh para influencer favorit mereka dibandingkan dengan melihat iklan atau melihat barang secara langsung. 

Influencer marketing tidak hanya bisa digunakan untuk meningkatkan awareness namun juga meningkatkan consideration maupun purchase oleh para customer. Namun, tentunya kamu harus menggunakan influencer marketing yang tepat. 

Dalam pemilihan influencer marketing kamu harus menganalisis jumlah, kualitas dan relevansi followers dari influencer tersebut dengan brand yang  kamu miliki. Jadi, jangan asal terkenal lalu kamu jadikan influencer marketing untuk produk kami yah!

5. SEO

SEO (search engine optimization) adalah salah satu strategi pemasaran online yang bisa digunakan untuk seluruh pemilik bisnis baik skala kecil maupun  besar. hal ini karena pembuatan SEO bisa dilakukan dengan organik, kamu hanya cukup membuat website saja. 

Namun pastikan untuk membuat website menarik dan artikel yang memang SEO friendly. Website yang menarik bisa kamu dapatkan melalui web developer seperti  TEBAR.CO.ID 

Sedangkan artikel SEO bisa kamu dengan mudah kamu buat asal mengikuti kaidah-kaidah SEO yang ada. Tujuan utama dari SEO  adalah agar artikel kamu muncul di page 1 pencarian google. 

6. Link Afiliasi Strategi Pemasaran Online

Jika memiliki banyak modal maka link afiliasi menjadi salah satu strategi digital marketing yang patut kamu coba. Walau mahal, namun link afiliasi terbukti efektif dan bisa mengembalikan modal kamu dengan jangka waktu yang lebih cepat. Kamu bisa bekerja sama dengan influencer marketing untuk membagikan link afiliasi yang nantinya akan mereka sebarkan melalui media sosial yang mereka miliki.

7. Sosial Media

Sosial media merupakan strategi digital marketing yang banyak digunakan saat ini. Diantara sosial media yang paling banyak digunakan untuk marketing yaitu  facebook, instagram, twitter, tiktok, dll. 

Tentunya kamu tidak harus menggunakan semua channel social media ya! Cukup gunakan yang paling sesuai dengan audience atau calon customer  kamu saja. Lalu, optimalkan sosial media tersebut untuk membuat konten semenarik mungkin.

Tips Strategi Pemasaran Online Untuk Pemula

Berikut adalah beberapa tips pemasaran online yang bisa kamu lakukan agar bisnis makin berkembang!

1. Cari Tahu Kebutuhan dari Konsumen

Tentunya setiap konsumen memiliki kebutuhan produk yang berbeda.  Kamu juga harus mengetahui  bahwa produk kamu ditujukan untuk konsumen dengan tipe seperti apa. 

Dengan begitu, kamu bisa memberikan pendekatan yang tepat. Pastikan juga untuk menyesuaikan strategi marketing kamu dengan customer potensial ya!

2. Membuat Nama Unik Untuk Produk

Banyak pemilik bisnis yang melupakan bahwasanya pemberian nama produk yang unik menjadi hal penting untuk kelangsungan sebuah bisnis. Tentunya nama yang unik akan membuat customer teringat dengan produk kamu. 

Bahkan customer juga bisa mencarinya dengan mudah di internet. Apabila nama produk kamu terlalu pasaran, tentunya saat customer mencoba mencari nama produk kami di internet, akan banyak nama produk lain yang muncul, bukan? Oleh karena itu pastikan brand kamu memiliki nama yang unik dan menarik yah!

3. Incar Konsumen Dengan Tepat Untuk Membuat Strategi Pemasaran Online

Sebelum membuat strategi pemasaran online, pastikan kamu telah mengetahui buyer persona dari konsumen kamu yah! Buyer persona akan membantu kamu untuk mensegmentasikan karakter dari konsumen mau. Dengan begitu, kamu bisa membuat strategi pemasaran yang tepat. 

Jika kamu belum mengetahui buyer persona konsumen, sulit  bagi kamu untuk membuat strategi pemasaran yang efektif.

4. Memastikan Hubungan yang Baik dengan Konsumen

Pastikan kamu mengumpulkan data dari konsumen kamu yah! Dengan memiliki data konsumen kamu, bisa memberikan strategi  CRM yang tepat. dengan begitu hubungan antara  brand dan konsumen menjadi lebih terjaga. Misalnya dengan memberikan  newsletter atau kupon khusus untuk pelanggan.

Itulah beberapa strategi pemasaran online yang bisa kamu lakukan. Pastikan juga untuk memilih strategi  yang paling efektif buat kamu yah! Kamu tidak perlu menggunakan banyak strategi online kok, cukup gunakan strategi yang paling efektif aja ya!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest

Share This