Siapkan Ini, Sebelum Membangun Bisnis Dari Nol

Sebelum membangun bisnis dari nol, tentu banyak hal yang perlu Anda siapkan. Tak hanya dari aspek SDM, maupun produk tentu pemasaran juga menjadi hal yang harus Anda fikirkan.

Namun, Anda tidak perlu berkecil hati! Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan saat memulai bisnis pertama!

1. Pastikan Sudah Menemukan Pasion Anda Sebelum Mebangun Bisnis dari Nol

Sebelum memulai bisnis, pastikan Anda telah mengetahui passion Anda. Passion akan menumbuhkan motivasi dan membuat seseorang lebih resisten. Tentunya saat membangun bisnis dari nol banyak hal yang  harus dilakukan dan ini merupakan tahap yang rumit.

Jadi, bila tidak didasari passion, semua hal yang Anda investasikan untuk membangun bisnis tersebut seperti beban yang sangat berat. Tanamkan keyakinan bahwa Anda ingin memulai bisnis sendiri dari nol terlepas dari berbagai tantangan yang akan dihadapi nantinya. Tentunya Anda harus siap menghadapi persaingan bisnis didalamnya.

2. Riset Market Atau Audiance Saat Membangun Bisnis dari Nol

Saat mengeksekusi suatu rencana bisnis tentunya Anda sudah harus mengerti market/audience. Cara untuk mengetahui market produk adalah dengan riset pasar. Dengan riset  ini, Anda bisa mempelajari pola bisnis yang ada di lapangan. 

Adapun beberapa market yang perlu Anda ketahui adalah niche marker, behavior customer, dan kompetitor. Pastikan untuk mendapatkan hasil riset pasar yang komprehensif. Melalui riset pasar ini Anda bisa menemukan langkah strategi marketingnya, bukan?

3. Memiliki Business Plan

Saat menyusun business plan, tentu Anda harus sudah memahami segala lini mengenai produk.Tentunya memulai bisnis dari nol akan membuat pelakunya harus lebih aware dengan pangsa pasar yang nantinya akan diimplementasikan di business plan. 

Adapun isi dari business plan idealnya adalah pemetaan rencana bisnis dalam jangka panjang, tujuan utama dari bisnis, dan strategi-strategi untuk mencapai segala tujuan tersebut. 

Dari business plan pula lah peminjaman modal lebih mudah dilakukan. Tak hanya itu, investor juga akan melihat business plan sebelum menginvestasikan uang mereka. Oleh karena itu, pastikan memiliki business plan yang jelas dan terencana agar memudahkan Anda dalam mendapatkan kucuran modal.

4. Pelajari Strategi Bisnis dengan Baik Saat Membangun Bisnis dari Nol

Strategi pemasaran bisnis menjadi poin utama dalam membangun bisnis dari nol. Memiliki strategi bisnis yang jelas, akan memudahkan Anda dalam melaksanakan evaluasi nantinya. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran bisnis yang bisa Anda lakukan:

  • Membuat analisis SWOT produk

SWOT (Strength, weakness, opportunity, dan threat) sendiri berarti komponen dari strategi bisnis yang biasanya akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan. 

Analisa SWOT tentunya dapat membantu seorang pebisnis untuk melihat keunggulan, kekurangan, tantangan, hingga ancaman dari suatu produk.

  • Merancang strategi pemasaran online produk

Walaupun sekarang era digital namun pemasaran offline masih tetap harus dijalankan. Mengapa begitu? Nyatanya hingga saat ini masih banyak penikmat iklan offline seperti billboard  atau banner. 

Namun, Anda harus bisa memilah pemasaran offline mana yang akan Anda terapkan, apalagi mengingat harga iklan offline yang cenderung lebih mahal.

  • Menentukan strategi pemasaran online produk

Ada banyak sekali pemasaran online produk, diantaranya adalah hal hal berikut!

  • Membangun Bisnis dari Nol dengan Ads dan Sosial Media

Ada banyak sekali fitur ads yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk. Contohnya seperti google ads, meta ads, tiktok ads, hingga twitter ads. Tentunya budget ads digital lebih murah jika dibandingkan dengan iklan offline. Namun, sebelum beriklan secara digital pastikan Anda telah mengetahui audience Anda.

Jika budget tidak terlalu banyak, Anda bisa mulai mencoba dengan membangun sosial media organik. Tentunya sosial media organik memang memiliki performa yang lebih lambat jika dibandingkan dengan ads

  • Optimasi Website

Salah satu cara membangun bisnis dari nol yang wajib dilaksanakan para founder adalah dengan memiliki website. Mengapa begitu? Hal ini karena website menjadi corong awareness utama. Selain itu, landing  page yang bagus memang harus dioptimalkan dari website. Jika tertarik untuk membangun website bisnis, Anda bisa berkunjung ke page TEBAR.CO.ID

5. Tentukan Produk

Banyak sekali produk yang biasanya ingin dieksekusi oleh seorang pebisnis baru. Namun, tentu Anda tetap harus menyesuaikan pangsa pasar, modal dan segala kemungkinan yang ada. Untuk itu, pastikan untuk memilih produk prioritas yang ingin Anda kembangkan.

Cara untuk menentukan produk adalah dengan riset pasar. Pastikan produk yang akan Anda kembangkan  memang memiliki pasar yang tepat. Sehingga Anda bisa menyusun strategi pemasarannya dengan optimal.

Setelah mengetahui product strategi, Anda bisa melakukan uji pasar terlebih dahulu. Dengan uji pasar ini Anda bisa melihat apakah produk tersebut itu benar-benar bisa dikembangkan atau tidak.

6. Improve Kualitas Diri

Saat memulai bisnis dari nol, tentu SDM menjadi aset utama. Dalam hal ini Anda harus selalu mengupgrade diri. Saat berbisnis Anda harus melakukan marketing, networking, konversi, hingga purchasing. Oleh karena itu Anda harus rajin mengikuti forum pebisnis, mentoring, course, dan masih banyak lagi.

7. Memberikan Evaluasi

Cara membangun bisnis dari nol  tidak akan lepas dari proses evaluasi. Dengan melakukan evaluasi Anda bisa bisa secara  rutin memonitor perkembangan bisnis. Pada tahap ini seorang pengusaha harus memiliki mental kuat. 

Tentunya banyak sekali evaluasi yang harus Anda lakukan dalam tahap-tahap awal  bisnis. Anda bisa membuat evaluasi produk bersama tim bahkan dengan pelanggan Anda

8. Pastikan Modal Cukup

Perlu Anda ketahui bahwa modal yang cukup belum tentu modal yang besar. Tidak semua bisnis membutuhkan modal yang besar. Anda hanya perlu memastikan bahwa budget yang Anda miliki bisa membackup business plan.

Oleh karena itu, menjadi hak penting untuk menghitung segala rinci kebutuhan dalam pengembangan  bisnis. Pastikan juga untuk menyiapkan dana darurat jika sewaktu-waktu bisnis Anda mengalami kesulitan. Anda juga bisa menyiasati modal kecil dengan pengeluaran yang efisien pula. Misalnya Anda bisa memilih bahan baku premium dengan budget tidak terlalu mahal. 

Selain itu, bisa juga dengan menyiasati menggunakan alat produksi yang lebih murah. Perbanyak riset sebelum memberikan bahan baku dan alat produksi yang optimal. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan produk terbaik dengan harga minimum.

Membangun bisnis dari nol memang bukanlah hal yang mudah, namun jika Anda dapat menerapkan poin-pon diatas, tentu proses pengembangan bisnis Anda akan lebih terarah.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest

Share This