Perbedaan SEO dan SEM yang Perlu Anda Pahami!

SEO dan Search Engine Marketing merupakan salah satu tools marketing yang banyak dimanfaatkan  oleh para pengusaha di zaman digital ini. Namun, mesti terlihat mirip namun SEO dan SEM  memiliki banyak perbedaan loh! Sebelum mengetahui perbedaan antara SEO dan SEM kamu harus memahami definisi dan manfaat dari SEO dan Search Engine Marketing   dulu ya!

Apa itu Search Engine Marketing

Search Engine Marketing adalah salah satu tools marketing di internet dengan mempromosikan suatu website guna peningkatan visibilitas website itu pada halaman dengan cara meningkatkan visibilitas website tersebut di halaman hasil pencarian mesin telusur seperti Google (SERP).

SEM sebenarnya sudah memiliki format SEO sekaligus beberapa trik marketing yang lain. Namun, tak seperti SEO yang fokus pada optimasinya Search Engine Marketing juga fokus pada pemanfaatan tools search untuk menampilkan halaman pertama di page 1 google. Contohnya adalah dengan penentuan biaya tiap klik atau Pay Per Click (PPC)  yang mana ini diperoleh dari biaya iklan google ads. 

[lwptoc]

Apa Itu Search Engine Optimization

Search Engine Optimization merupakan sebuah strategi optimasi untuk website yang mana aspeknya terdiri dari konten onpage maupun off page. Sama seperti SEM, SEO juga memiliki tujuan agar website bisa muncul di halaman 1pge google. Hanya saja SEO dilakukan secara organik tanpa memanfaatkan fitur iklan  google  ads. Kamu bisa menggunakan strategi ini untuk meningkatkan jumlah traffic pada website kamu. Hanya saja strategi ini  cukup sulit karena harus bersaing dengan banyak website kompetitor yang sejenis.

Pada dasarnya saat  menggunakan SEM, secara tidak langsung juga harus menggunakan konsep SEO. Hanya saja SEO akan cenderung lebih teknikal jika dibandingkan dengan  SEM yang instan.

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa sebenarnya SEO dan Search Engine Marketing tidak memiliki gap yang mencolok. Sebelum membuat website menjadi SEM, pastinya kamu juga harus menyesuaikan keyword  dan konten website agar relevan dan bersahabat dengan pencarian google. Jika kamu sudah mengupayakan kinerja SEO, maka Search Engine Marketing bisa kamu manfaatkan untuk mengoptimasinya.

Manfaat Search Engine Marketing

Berikut adalah beberapa manfaat dari konten SEM yang perlu kamu pahami

  • SEM bisa mendatangkan audience yang sangat relevan dengan target market kamu. Oleh karena itu, kemungkinan untuk akuisisi pelanggan juga makin besar.
  • SEM Bisa kamu control dengan mudah baik kinerjanya, harga, maupun segmentasinya.
  • Kamu bisa mendatangkan target traffic atau pelanggan dengan mudah. Hal ini karena spesifikasi target Search Engine Marketing yang lebih terperinci jika dibandingkan dengan SEO maupun tools marketing website yang lain.
  • Kamu bisa membuat kontrol menyeluruh atas strategi yang ingin kamu optimalkan dalam SEM. Kamu bahkan bisa mencoba A/B testing untuk mengetes strategi SEM mana yang paling banyak mendatangkan akuisisi pelanggan.
  • Berhubung SEM memiliki segmentasi yang  kuat, tentu konten yang kamu tawarkan dengan kebutuhan dari pelanggan juga akan meningkat. Hal ini akan mendukung adanya conversation yang  dapat meningkatkan bonding atau menurunkan funnel marketing produk kami.

Manfaat Search Engine Optimization

Berikut adalah beberapa manfaat dari konten SEO yang perlu kamu pahami

  • Banyak sekali manfaat dari  SEO, utamanya bagi kamu yang ingin menyebarkan awareness mengenai produk yang  kamu miliki.  SEO memiliki peluang visit dan view yang tidak sedikit. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang mengejar SEO agar  bisnis mereka dapat memiliki “nama” yang bagus.  Tentunya website ber-SEO akan memberikan kredibilitas terhadap produknya juga.
  • Pada website SEO kamu juga bisa memberikan popup untuk meminda data diri calon customer atau memberikan layanan subscribe bagi mereka yang ingin tertarik. Tentu adata ini bisa kamu manfaatkan untuk menawarkan produk hingga tahap purchase. Bahkan melalui data-data ini kamu juga bisa menginformasikan mengenai event atau promo yang sedang brand kamu lakukan.
  • Meningkatkan penjualan produk utamanya dari segi awareness,  consideration, hingga purchase. Hal ini karena website SEO memiliki kemungkinan klik 200% lebih tinggi juga menyajikan informasi yang lebih lengkap dan akurat.

5 Poin Pembeda Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing

Inilah beberapa pembeda antara SEO dan Search Engine Marketing yang  perlu kamu pahami!

1. Perbedaan SEO dan SEM Target Audiens

Berhubung SEM adalah produk ads dari google, tentu secara segmentasi audience lebih jelas termasuk untuk range umur, gender, demografis yang mana lebih spesifik jika dibandingkan dengan SEO. Tak hanya itu jumlah target audience dari  SEM juga lebih terukur.

Untuk SEO kamu tidak bisa menargetkan secara khusus untuk pembaca atau audiencenya. kamu hanya bisa mengoptimasi website lalu memberikan konten yang relevan dengan produk kami. Dengan begitu kamu bisa mencoba beberapa konten hingga menemukan konten yang paling tepat dengan audience kamu.

2. Perbedaan SEO dan SEM Kecepatan

Tentunya saat menggunakan SEM website kamu juga tidak bisa muncul secara langsung di bagian paling atas google.  Apalagi jika iklan kamu kalah bidding dengan kompetitor. Hanya saja secara kecepatan website yang menggunakan SEM pasti muncul lebih cepat jika dibandingkan dengan website yang memakai SEO organik. 

Kecepatan website juga bisa ditentukan oleh kualitas dari developer website kamu loh! Oleh karena itu agar SEO maupun SEM kamu bisa optimal, sebaiknya gunakan jasa developer terbaik seperti TEBAR.CO.ID

3. Perbedaan SEO dan SEM  Jangka Waktu

Jika SEM punya dampak optimasi yang singkat, maka SEO punya dampak optimasi yang jauh lebih panjang. Hal ini karena SEO muncul secara organik dan hanya bisa digeser oleh konten yang memiliki kualitas lebih baik dari sebelumnya.  Sedangkan untuk SEM memiliki jangka waktu yang sesuai dengan range iklannya.

4. Perbedaan SEO dan SEM  Anggaran

SEM membutuhkan budget yang lebih tinggi, hal ini karena kamu perlu menyiapkan budget untuk pembuat konten juga untuk melakukan bid iklannya. SEdangkan untuk SEO hanya memerlukan SDM untuk membuatnya tanpa harus menyiapkan biaya iklan seperti SEM.

5. Perbedaan SEO dan SEM Potensi CTR (Click Through Rate)

Sebenarnya perbedaan antara SEO dan SEM untuk potensi CTR tidaklah terlalu jauh. Hanya saja untuk CTR biasanya punya target yang lebih spesifik, sehingga potensi CTR tentu lebih banyak. Tentunya kamu bisa menyesuaikan pilihanmu sesuai dengan kebutuhan kamu.

Itulah beberapa perbedaan antara SEO dan SEM yang perlu kamu ketahui. Mau menggunakan SEO dan SEM, pastikan kamu memiliki UI dan kualitas website yang  bagus ya! 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This