Membuat toko online merupakan langkah berbisnis yang dapat dikatakan mudah. Hal ini dapat Anda buktikan dengan cara melihat begitu banyaknya orang yang melirik bisnis ini. Namun, tidak memungkiri pula jika masih saja banyak orang yang ragu untuk memulai bisnis online. Kebanyakan mereka beralasan karena belum mengetahui langkah atau cara yang mudah untuk membuatnya.

       Sebenarnya ada cara mudah untuk membuat toko online yang bisa Anda praktekkan. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah Mudah Membuat Toko Online Sendiri

       Inilah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar toko online Anda bisa terwujud meskipun dengan cara sederhana:

1.Buat Akun Media Sosial

Langkah pertama, untuk membuat toko online adalah dengan membuat sarana atau tempatnya. Toko online tentunya membutuhkan lapak jual beli yang bersifat online. Anda dapat memulainya dengan membuat berbagai akun di media sosial, seperti akun Instagram, akun Facebook, akun Whatsapp, dan lain sebagainya.

Cara untuk membuat akun-akun media sosial tersebut adalah dengan mengunduh aplikasinya di internet. Aplikasi ini dapat diunduh melalui hp android pribadi Anda.

Setelah aplikasi-aplikasi tersebut terpasang pada hp android milik Anda, buka aplikasinya dan ikuti petunjuk yang diinstruksikan hingga muncul pemberitahuan bahwa akun Anda selesai dibuat.

2. Beli Barang kepada Grosir

Langkah kedua, membuat toko online Anda sendiri adalah dengan membeli barang kepada grosir. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa membeli barang dengan harga seminimal mungkin dan menjualnya kembali di toko online dengan harga yang tinggi, sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan yang besar.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan membeli barang terlalu banyak karena sebagai pemula, toko online Anda belum banyak yang mengetahui. Beli barang seperlunya saja sebagai percobaan masa promosi toko online milik Anda. Namun, tetap perhatikan harganya dan pilihlah harga yang murah.

Belilah barang yang beragam jenisnya, tetapi dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Pilihlah barang yang menarik untuk dijual dan harganya tetap murah. Apabila barang tersebut dapat ditawar, jangan ragu untuk menawar harga terendah kepada grosir tersebut. Namun, jangan pula menyepelekan kualitas barang tersebut.

3. Mencari Pengikut di Media Sosial

Langkah ketiga, membuat toko online adalah mencari pengikut di media sosial yang telah Anda buat. Setelah akun-akun tersebut dibuat, Anda harus aktif di berbagai media sosial tersebut. Carilah pengikut dengan cara menawarkannya kepada orang terdekat Anda, baik kerabat, teman, dan lainnya. Kemudian jangan lupa untuk mengenalkan toko online Anda kepada mereka.

Akun-akun tersebut harus dipantau perkembangannya hingga Anda memiliki pengikut setia yang nantinya akan menjadi konsumen atau pelanggan tetap di toko online tersebut. Lalu, jangan ragu untuk menawarkan harga promo. Namun, tetap perhatikan untung ruginya agar usaha toko online Anda dapat bersaing dengan toko online lainnya.

4. Buat Website Toko Online

Langkah keempat, selain melakukan promosi dan memasarkan barang melalui media sosial, Anda juga bisa menggunakan website toko online yang untuk jualan. Anda bisa membuat website sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website dengan tampilan yang profesional. Mulailah dengan memilih nama domain yang tepat dan desain yang simpel namun tampak menarik agar pelanggan betah berlama-lama berada di website Anda. Jangan lupa untuk memberikan informasi secara lengkap kepada pelanggan mengenai produk dan layanan yang Anda tawarkan. Berikan tampilan yang terbaik karena website merupakan wajah bisnis Anda.

Perhatikan tips-tips di atas untuk membuat toko online Anda sendiri dan kumpulkan pundi-pundi rupiah Anda dengan cara yang mudah.

Pin It on Pinterest

Share This