Google Ads –sebelumnya dikenal sebagai Google Adword- merupakan sarana iklan yang dijalankan oleh Google untuk meningkatkan jumlah penjualan. Google Ads dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin memasang website di halaman pertama dalam waktu singkat atau memasang iklan online Anda di tempat-tempat strategis. Lalu apa saja macam-macam iklan Google Ads? Yuk simak informasinya di bawah ini.

Apa Saja Jenis Iklan Google Ads?

Google menawarkan beragam opsi variasi iklan. Pada dasarnya jenis iklan Google Ads terbagi jadi beberapa yakni iklan gambar, teks, iklan shopping, video, dan promosi aplikasi. Anda dapat menjalankan beberapa jenis iklan sesuai target Anda dalam beriklan, apakah ingin ditujukan untuk keperluan prospek atau ditujukan untuk penjualan. Berikut sedikit penjelasan macam-macam jenis iklan Google Ads:

1. Iklan Teks

Iklan teks dapat muncul di hasil penelusuran Google. Jenis iklan Google Ads ini umumnya berisi judul berupa tautan yang bisa diklik menuju laman web. Teks ini berupa satu hingga dua baris dilengkapi alamat menuju situs web dengan warna hijau.

Jenis iklan Google Ads ini umumnya berisi judul berupa tautan yang bisa diklik menuju laman web

Cara kerja iklan jenis ini adalah dengan menjangkau pelanggan saat mereka menelusuri kata kunci tertentu yang berhubungan dengan produk/jasa Anda di mesin pencari Google. Kini Google juga memberikan fasilitas tambahan pada iklan teks yaitu  ekstensi iklan, dan yang paling penting ini sifatnya gratis. Ekstensi iklan berguna untuk menyediakan detail tambahan dan informasi kontak yang dapat menjadikan iklan teks Anda lebih relevan bagi pelanggan.

Contoh iklan teks tanpa ekstensi.

 

Contoh iklan teks dengan ekstensi

2. Iklan Gambar

Iklan gambar muncul di situs-situs yang merupakan partner Google atau Google Display Network (GDN). Iklan jenis ini memamerkan produk atau layanan secara visual. Cara kerjanya yaitu dengan menjangkau pelanggan di situs web yang berpartner dengan Google.

Iklan jenis ini memamerkan produk atau layanan secara visual

Ukuran iklan gambar sendiri bisa berbeda tergantung dimana iklan itu dipasang.

Contoh iklan gambar.

 

3. Iklan Promosi Aplikasi

Iklan jenis ini juga muncul di situs-situs yang merupakan partner Google, namun hanya muncul ketika situs dibuka dari mobile browser (contoh : Opera Mini, UC Browser, dan lain-lain). Iklan jenis ini memunculkan tampilan dapat berupa teks atau gambar yang memperkenalkan aplikasi yang diiklankan. Selain itu, terdapat tombol download yang dapat diklik dan akan terhubung langsung ke Google Play atau App Store untuk meng-install aplikasi tersebut.

Iklan jenis ini memunculkan tampilan dapat berupa teks atau gambar yang memperkenalkan aplikasi yang diiklankan

Contoh iklan promosi aplikasi.

4. Video

Iklan video dapat muncul di situs-situs yang merupakan partner Google dan Youtube. Iklan jenis ini memamerkan produk atau layanan dalam bentuk video. Durasi video iklan ini sendiri bervariasi. Di Youtube, ada jenis iklan video berdurasi 8-15 detik dimana pengguna Youtube dapat menutup iklan setelah 5 detik, ada pula jenis iklan berdurasi 5-8 detik namun pengguna Youtube tidak dapat menutup iklan tersebut.

Di Youtube, ada jenis iklan video berdurasi 8-15 detik dimana pengguna Youtube dapat menutup iklan setelah 5 detik, ada pula jenis iklan berdurasi 5-8 detik namun pengguna Youtube tidak dapat menutup iklan tersebut

5. Iklan Shopping (Produk)

Iklan shopping dapat muncul di hasil penelusuran Google. Jenis iklan ini menampilkan nama produk dan tautan yang bisa diklik menuju produk yang ditampilkan dari laman web supaya pelanggan bisa langsung berbelanja dari laman web tersebut.

Jenis iklan ini menampilkan nama produk dan tautan yang bisa diklik menuju produk yang ditampilkan dari laman web supaya pelanggan bisa langsung berbelanja dari laman web tersebut

Cara kerja iklan jenis ini adalah dengan menjangkau pelanggan saat mereka menelusuri kata kunci tertentu yang berhubungan dengan produk Anda di mesin pencari Google.

Contoh iklan shopping

Teknologi Google akan menentukan berdasar pada laman demi laman iklan. Jenis iklan ini akan cenderung menguntungkan Anda. Dengan iklan Google Ads Anda bisa memilih iklan yang sesuai dengan budget, selera dan target Anda. Selanjutnya siapkan diri Anda untuk melihat peningkatan penjualan. Apakah Anda tertarik menggunakan iklan teks (poin 1)? Jika Anda ingin website Anda tampil paling atas dalam waktu singkat seperti contoh di atas, silahkan klik di sini atau hubungi kami di 085-799-688-366.

Pin It on Pinterest

Share This