Warna Desain Web merupakan salah satu hal penting dan unik dalam dunia desain visual. Warna mampu berbicara melalui emosi alam bawah sadar manusia, sehingga dapat mempengaruhi pikiran serta suasana hati orang yang melihatnya. Salah satu elemen desain yang paling penting adalah warna.

Memahami efek warna pada pikiran akan membuat perbedaan pada bagaimana bisnis Anda dipersepsikan dan mempengaruhi keberhasilan upaya branding Anda. Karena warna dikaitkan dengan makna emosional yang berbeda, maka harus memilih warna brand secara serius. Ada beberapa tehnik dasar yang perlu Anda ketahui untuk menentukan warna desain web sesuai bisnis Anda:

1. Gunakan Warna yang Sesuai Bisnis atau Brand.

warna desain web yang sesuai identitas brand atau perusahaan Anda merupakan hal yang penting untuk selalu diterapkan ke berbagai media, termasuk media online seperti website sebagai bentuk branding perusahaan. Jangan menggunakan warna yang jauh berbeda dengan warna brand Anda, karena hal itu akan membuat kesan tidak profesional dan tidak konsisten. Gunakan warna brand sebagai warna utama dalam branding usaha Anda.

2. Terapkan Psikologi Warna

Tentukan warna desain web dan pahami arti dari sebuah warna, sifat warna-warna panas yang cerah, cukup efektif untuk menarik perhatian, jika digunakan sebagai informasi penting, tombol, link, headline, dll. Warna-warna cerah akan cocok digunakan untuk website dengan konsep ceria seperti produk bayi atau makanan. Warna-warna gelap bisa digunakan untuk website dengan konsep jasa profesional. Begitu juga dengan warna-warna dingin yang menenangkan dapat digunakan sebagai background, text maupun paragraf, dll.

3. Sesuaikan Warna dengan Target Pasar

Setiap customer memiliki ketertarikan warna yang berbeda sesuai umur maupun jenis kelaminnya. Begitu juga setiap bidang usaha akan selalu berbeda dalam menerapkan warna berkaitan dengan profesionalitas usaha. Misal target pasar dari produk Anda adalah wanita, maka sebaiknya Anda memilih warna pink atau ungu. Jika target pasarnya pria, maka Anda bisa memilih warna hitam atau warna-warna gelap.

4. Pastikan Warna Teks Kontras dengan Background

Kontras teks dalam desain website juga penting. Teks menjadi sumber rujukan bagi pengunjung untuk mengetahui informasi mengenai bisnis Anda.

Gunakan teks warna gelap untuk background terang. Hindari teks terang pada latar belakang gelap, atau pola belakang teks. Pengunjung harus mampu dengan mudah membaca apa yang disajikan kepada mereka. Memiliki pola berputar-putar sebagai latar belakang dengan warna teks yang terang akan membuat teks sulit untuk dibaca dan akan mencegah orang berlama-lama di situs Anda.

 5. Tampilan Visual Tombol “Call To Action”

Memperhatikan hal ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemungkinan pengunjung menjadi pelanggan. Background putih bersih dengan tombol yang memiliki wanra mencolok akan sangat mudah terlihat oleh pengunjung web. Dengan teks yang melengkapinya, maka pengunjung akan segera tahu apa yang harus dilakukan dengan tombol itu. Visual ini akan membimbing pengunjung web terkonversi menjadi pelanggan Anda.

6. Batasi Warna Pada Situs

Jangan gunakan seluruh warna pelangi atau membuat warna desain web yang mengganggu. Terlalu banyak warna mengalihkan perhatian dari apa yang Anda ingin tampilkan pada pengunjung. Pilih warna secara bijaksana, dan gunakan pendekatan lebih sedikit warna supaya ada nilai identik pada website Anda dan hal ini akan menjadi strategi terbaik untuk situs Anda.

Demikianlah cara memilih warna yang tepat untuk desain web, semoga bermanfaat dan Anda menemukan warna desain web yang tepat untuk situs website sesuai bisnis Anda. Ingin punya website dengan rekomendasi desain terbaik? Serahkan saja pada ahlinya!

Pin It on Pinterest

Share This