Yoast SEO – WordPress merupakan CMS paling populer dan paling banyak digunakan untuk membuat website. Fitur yang tersedia sudah cukup lengkap dan mudah untuk dioperasikan. Tak hanya fitur bawaan yang sudah mumpuni, Anda juga dapat menambah fitur yang belum ada dengan cara install plugin. Di WordPress sendiri saat ini sudah ada ribuan plugin dengan berbagai fitur yang bisa Anda pilih sesuai fitur yang Anda butuhkan, salah satunya adalah Yoast SEO.

Yoast SEO merupakan salah satu plugin WordPress dengan fitur yang dapat membantu kita untuk optimasi website. Plugin WordPress dengan fungsi serupa sebenarnya tidak hanya Yoast SEO, namun Yoast SEO inilah plugin paling populer dan paling banyak digunakan. Jutaan orang telah membuktikan kualitas dari Yoast SEO ini untuk optimasi konten websitenya. Terbukti dengan lebih dari satu juta installer yang aktif.

Yoast SEO menyediakan empat fitur canggih yang sangat membantu kita selama menjalankan aktivitas website. Diantaranya adalah lampu indikator, snippet, readibility, dan analisis. Lampu indikator digunakan pada readability dan analisis. Apa itu readability? Readibility adalah penilaian Yoast terhadap seberapa layak konten website untuk dibaca. Sedangkan analisis adalah penilaian Yoast terhadap seberapa baik struktur konten website yang akan Anda upload tersebut sesuai penilaian search engine.

Lampu indikator pada readability dan analisis berfungsi sebagai penanda. Ketika Anda memasang konten website, maka Yoast SEO akan melakukan analisis lalu memberikan beberapa masukan dan arahan supaya konten tersebut nyaman dibaca dan baik di mata search engine. Poin-poin hasil analisis Yoast SEO memiliki warna lampu yang bisa berbeda-beda. Warna hijau menunjukkan bahwa poin tersebut sudah baik. Warna kuning menunjukkan bahwa poin tersebut tidak memiliki masalah jika tidak diperbaiki, namun sebaiknya diperbaiki. Sedangkan warna merah menunjukkan bahwa poin tersebut masih kurang bagus dan harus diperbaiki jika Anda ingin konten tersebut SEO friendly.

Yoast SEO

Kemudian ada fitur Yoast SEO yang tidak kalah canggih yaitu snippet. Snippet ini digunakan untuk mengatur tampilan judul, URL, dan deskripsi yang muncul di search engine seperti ini.

Yoast SEO

Sampai di sini Anda pasti sudah memahami bagaimana pentingnya Yoast SEO ada di website Anda. Apa lagi manfaat yang akan Anda dapatkan dari plugin ini? Mari kita lanjutkan.

 

Manfaat Penggunaan Plugin Yoast SEO
Yoast SEO sangat penting untuk membantu optimasi website dan mempercepat proses SEO. Sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya karena telah terbukti memudahkan webmaster dalam beberapa hal seperti:

1. Membantu mengelola sitemap

https://www.tebar.co.id/tips-menjaga-keamanan-website/Ini adalah hal yang penting untuk meningkatkan layanan lokasi pada situs WordPress Anda. Yoast akan membantu Anda untuk mengelola sitemap di akun WordPress yang Anda miliki.

2. Membuat keyword yang telah Anda buat menjadi keyword yang berkualitas

Ini hubungannya adalah dengan aktivitas utama Anda dalam mengelola blog atau website yaitu menulis artikel pemasaran. Penggunaan keyword yang berkualitas akan membuat tulisan Anda lebih banyak diminati dan bisa masuk halaman satu search engine. Biasanya penetapan keyword inilah yang menjadi langkah awal yang sulit. Anda sering bingung. Tetapi dengan Yoast SEO ini, Anda akan dibantu untuk menetapkan keyword yang bagus. Alurnya adalah Anda membuat keyword dan kemudian Yoast akan mendeteksi apakah keyword kita sudah masuk ke dalam kriteria keyword yang tepat untuk dioptimasi atau belum.

3. Melacak intensitas penggunaan keyword

Yoast SEO pun akan mengingatkan intensitas Anda dalam menggunakan keyword yang sama sebelumnya, sehingga Anda bisa lebih kreatif. Yoast akan memberikan signal kepada Anda tentang keyword yang telah Anda buat tersebut sudah pernah terpakai berapa kali. Kalau sudah tidak efektif, maka Anda harus menggantinya.

4. Melakukan kontrol terhadap judul dan meta dari artikel yang Anda posting.

Kedua komponen diatas sangat penting untuk SEO, dan plugin ini akan membantu Anda untuk memaksimalkannya.

5. Mengecek setiap artikel yang Anda posting, apakah layak baca atau belum. Fungsi ini kaitannya dengan readibility.

6. Membawa Anda menjadi webmaster berkualitas dengan artikel terstandar.

Yoast SEO akan melakukan analisis terhadap setiap artikel yang akan Anda pasang dan memberikan sugesti dengan lampu indikatornya. Jika artikel sudah bagus maka akan berwarna hijau, kalau belum maka akan berwarna merah. Anda akan terbantu lewat fitur analisis yang tersedia. Di mana Yoast akan menunjukkan kepada Anda mana bagian artikel yang perlu dibenahi.

7. Memberikan pengaturan yang jelas untuk menampilkan artikel Anda di search engine.

Anda sendiri yang bisa mengubah pengaturannya lewat form pengaturan super simple, mudah, dan canggih milik Yoast.  Fitur snippet adalah fitur yang bisa Anda manfaatkan.

Jadi, sudahkah Anda berencana menambahkan Yoast SEO ke website yang akan Anda buat? Tak perlu repot, kami menyediakan layanan pembuatan website yang sudah dilengkapi dengan Yoast SEO. Anda cukup terima jadi dan langsung pakai tanpa ribet install dan setting. Aktivitas pengelolaan website kini semakin terarah karena sudah memiliki partner yang luar biasa canggih. Dan untungnya lagi, di bulan Desember ini kami memberikan DISKON SPESIAL AKHIR TAHUN. Dapatkan website dengan desain dan fitur up-to-date sekarang juga!

Pin It on Pinterest

Share This