Menjaga Keamanan Website memang terbilang cukup penting dan krusial, maka keamanan dari sebuah website yang kita miliki juga patut untuk Kita jadikan perhatian. Hal ini dikarenakan website juga terbilang rentan dari bahaya hacker atau malware. Tapi Anda tak perlu khawatir karena di sini Anda bisa menerapkan tips menjaga keamanan website agar tidak terkena hack atau malware.

Apa itu Hack dan Malware?

Menjaga keamanan website dari hack dan malware bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan tetapi memang memerlukan komitmen khusus dan serius untuk menjaganya. Malware sendiri adalah singkatan dari Malicious Software. Maksud dari Malicious Software sendiri adalah ketika ada sebuah software yang terinstall sendiri tanpa sepengetahuan Kita dan bertujuan merusak website yang Kita miliki.

Malware bisa sangat merusak website yang Kita miliki karena ketika terkena malware, komputer akan menjadi semakin lambat untuk memproses suatu perintah yang Kita input. Hal ini juga akan mempengaruhi peforma dari website yang Kita miliki.

Kemudian, hack sendiri dapat diartikan sebagai proses eksploitasi, memodifikasi, sebuah sistem atau jaringan komputer. Tujuan dari hack ini bisa bersifat merusak atau hanya memenuhi hasrat seorang hacker (orang yang melakukan hack).

Tips Menjaga Keamanan Website

Dengan definisi hack dan malware yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya, maka Anda pasti lebih menyadari jika menjaga keamanan website sangat diperlukan karena jika hack atau malware bisa lolos, website Anda beserta data di dalamnya akan menjadi taruhannya. Dan berikut ini beberapa tips menjaga keamanan website Anda.

1. Pasang Firewall pada Website

Firewall atau Web Application Firewall bisa menjadi salah satu solusi menjaga keamanan website yang Anda miliki. Ketika firewall sudah terinstall, maka firewall akan secara otomatis membentuk sebuah perlindungan atau tameng yang nantinya akan memblokir semua upaya hacker ataupun lalu lintas data yang tidak Kita inginkan.

2. Menggunakan Protokol SSL

Kemudian, selain menggunakan firewall, menjaga keamanan website bisa dilakukan melalui pemasangan protokol SSL. Pemasangan protokol SSL ini akan berguna untuk mencegah otoritas lain atau yang dalam hal ini adalah hacker untuk masuk kedalam website yang Kita miliki.

3. Melakukan Back up sesering yang Anda bisa

Back up sesering mungkin juga bisa Anda gunakan untuk menjaga keamanan website Kita. Dengan melakukan back up sesering mungkin dalam jangka waktu harian, mingguan, dan bulanan, Anda akan meminimalisir kemungkinan hilangnya data apabila hacker atau malware tetap lolos menyerang website Anda.

Website merupakan suatu bagian dari teknologi yang sulit dipisahkan dari kehidupan Kita dimasa sekarang. Banyak orang menggunakan website untuk berbagai macam tujuan mulai dari sarana hiburan semata, sarana penyebar informasi, hingga sebagai tempat untuk menjual produk yang mereka miliki dan menjadi sebuah bagian dari bisnis online. Karena hal inilah menjaga keamana website adalah salah satu hal yang penting, khususnya dari hack atau malware.

Untungnya, semua tool di atas sudah bisa Anda dapatkan di sini. Setiap pembuatan website di tebar.co.id sudah gratis pemasangan firewall, SSL, dan back up data. Jadi website Anda sudah diamankan dan terlindungi sejak awal. Percayakan pembuatan website Anda kepada kami yang memahami pentingnya menjaga keamanan website Anda.

           

Pin It on Pinterest

Share This