Tips Jualan Online, 11 Cara Bikin Laris!

Apakah Anda seorang pebisnis yang masih pusing  memikirkan target penjualan yang tak segera tercapai? Padahal sudah banyak melakukan strategi penjualan baik secara online maupun offline. Mungkin Anda perlu memahami tips jualan online berikut ini loh!

11 Tips Jualan Online Untuk Bisnis Anda

Berikut adalah beberapa tips jualan online yang bisa Anda coba

1. Highlight USP (Unique Selling Points)

USP merupakan nilai jual untuk suatu produk. Hal inilah yang akan membedakan produk Anda secara spesifik dengan kompetitor. Pastikan Anda telah mengetahui apa USP produk lalu meng-highlight-nya untuk setiap kali melakukan promosi. 

Tidak apa-apa jika Anda belum menemukan USP sekarang. Namun, perlu Anda ingat bahwa berfokus pada USP produk akan membuat produk lebih ter-notice jika dibandingkan dengan kompetitor yang lain.

2. Memiliki Website Toko Online 

Saat ini banyak orang yang lebih suka mengunjungi website toko online dibandingkan dengan mendatangi toko offline secara langsung. Oleh karena itu, salah satu tips jualan online laris  adalah dengan memaksimalkan fungsi website Anda. 

Meskipun sudah banyak marketplace yang bisa dapat Anda pakai untuk  memajang produk, namun memang tidak bisa dipungkiri bahwa Anda masih membutuhkan website.

Mengapa begitu? Hal ini karena  secara awareness funneling marketplace jauh lebih friendly dan membangun elemen trust jika dibandingkan dengan marketplace. 

Apalagi di marketplace juga sudah ada banyak persaingan dengan kompetitor sejenis (read ocean). Oleh karena itu penting bagi Anda untuk membuat website untuk awareness. 

Melalui website ini, Anda juga bisa  rutin membagikan blog dengan strategi SEO friendly.  Dengan begitu, website produk benar-benar akan termanfaatkan dengan baik untuk menciptakan brand awareness selain purchase.

Jika Anda benar-benar serius untuk membuat toko online laris, Anda bisa membuat website  melalui developer website terbaik di TebarDigital.

3. Menggunakan Content Marketing

Saat ini content marketing menjadi salah satu tips jualan online laris  yang sangat ampuh. Tapi, apa itu sebenarnya content marketing? Content marketing merupakan sebuah trik mempromosikan produk dengan menggunakan konten penjualan secara online.

Perlu Anda pahami, bahwa saat membuat konten marketing Anda harus menentukan content pillar dari produk terlebih dahulu. Hal  ini sangat berguna untuk membuat konten yang relevan dengan produk dan audience.

4. Aktif di Media Sosial  

Jika sudah memiliki banyak content marketing, selanjutnya Anda bisa mendistribusikan konten-konten tersebut melalui sosial media.  Sosial media juga merupakan platform terbaik untuk menciptakan brand awareness. Namun, perlu Anda pahami bahwa sosial media bukanlah platform untuk mendapatkan purchase. Pada sosial media, Anda bisa memaksimalkan awareness saja. 

KPI sosial media juga berbeda loh! Biasanya KPI social media utamanya terdiri dari followers growth and engagement rate. Anda juga harus bisa mensegmentasikan  fungsi antar platform dan menyesuaikan karakter konten dengan platformnya. 

Semisal instagram  merupakan  platform yang bagus digunakan untuk membuat konten visual dengan goal berupa awareness. Sedangkan facebook adalah tempat untuk membuat konten engage dengan goal purchase atau selling.

Media sosial merupakan salah satu tips jualan online yang ampuh mengingat ada 95 persen user social media dengan umur 18-34 yang menjadi follower dari akun sosial media bisnis. Bahkan 93 persen user malah menggunakan sosial media untuk berkomunikasi dengan brand, loh 

5. Tips Jualan Online Dengan Memakai Email Marketing 

Apabila sosial media bisa Anda maksimalkan untuk menjangkau awareness, maka email marketing bisa Anda optimalkan untuk mengumpulkan leads. Ada data  menarik bahwasanya 60-70 persen pelanggan lama lebih mungkin untuk melakukan pembelian. Sedangkan pelanggan baru hanya memiliki kemungkinan 5-20 persen untuk melakukan pembelian. 

Dengan begitu pelanggan lama memiliki probabilitas purchase sebanyak 80% dan ini sangat mendominasi. Nah, email marketing merupakan strategi CRM untuk tetap membuat bonding dengan pelanggan lama. Bahkan Anda bisa memberikan penawaran-penawaran khusus melalui email dengan newsletter atau campaign promo.

6. Membuat Landing Page

Mirip dengan website, hanya saja istilah Landing page memiliki arti khusus. Landing page adalah salah satu halaman web yang dirancang guna tujuan komersial. Maksud dari komersial yakni desain website akan menggunakan default untuk lead generation landing page

Nah, dengan memiliki landing page Anda bisa mengumpulkan data pelanggan secara akurat. Mengapa begitu? Biasanya seluruh strategi marketing akan memiliki muara ke landing page. Misalnya saja jika Anda melakukan ads atau content marketing, biasanya kita akan terarah pada landing page. 

Data pelanggan yang masuk ke landing page bisa di-track sebagai evaluasi maupun bahan untuk membuat Biasanya pelanggan  akan dengan mudah melakukan purchase saat landing page suatu produk bagus dan trusted.

Oleh karena itu membuat landing page yang ciamik menjadi kebutuhan primer  sebuah toko online. Jika Anda ingin membuat landing page yang menarik, Anda bisa menggunakan jasa TebarDigital yang saat ini sudah memiliki banyak sekali klien bonafide dengan pengalaman yang tak perlu diragukan.

7. Menggunakan Word of Mouth Marketing

Meskipun sekarang zaman sudah serba digital, namun jangan meremehkan kekuatan word of marketing yang menjadi salah satu tips jualan online laris ya! Namun, jangan bayangkan word of marketing disini sebagai aktivitas berbincang dengan mereview salah satu produk. 

Word of marketing saat ini bertransformasi menjadi bentuk KOL (Key Opinion Leader). Sebuah perusahaan biasanya akan memilih KOL yang paling sesuai dengan user personal mereka. Oleh karena itu, memilih KOL juga perlu menggunakan riset  panjang baik dari segi produk maupun segi influencer yang nantinya akan Anda pilih.

Tentunya menggunakan jasa KOL membutuhkan budget yang besar. Jika budget marketing belum sebanyak itu, Anda bisa menggunakan micro influencer atau selebgram untuk menyuarakan produk Anda. Namun, pastikan audience atau follower  influencer tersebut memang matching dengan niche market produk

8. Tips Jualan Online Dengan Menggunakan Harga Wajar 

Harga merupakan isu panjang dalam sebuah produk online. Biasanya jika harga produk terlalu  mahal, pembeli dengan mudah  akan mencari toko online yang lain. Namun, jika Anda menjualnya terlalu murah, pembeli juga akan mengira bahwa produk tersebut tidak berkualitas atau malah produk gagal atau palsu. 

Oleh karena itu, riset pasar menjadi salah satu tips jualan online penting saat menetapkan harga dari sebuah produk. Pastikan juga Anda telah menghitung batas maksimal atau batas minimal harga barang untuk mencegah strategi diskon yang kurang tepat.

9. Membuat Deskripsi Rinci 

Membuat deskripsi yang rinci akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui spesifikasi  dari produk Anda. Hal ini akan mempercepat pelanggaran melakukan purchase juga meringankan kerja customer service loh!

10. Membuat Tag Pencarian 

Jika berjualan di marketplace, pastikan Anda memberikan tag pencarian melalui keyword yang sesuai dengan produk. Tag akan memudahkan sebuah produk untuk muncul dalam query atau pencarian user. Dengan begitu, produk Anda dengan mudah muncul di opsi pertama hasil pencarian mereka.

11. Pahami Kelebihan dan Kekurangan Platform 

Setiap platform, entah itu media sosial maupun marketplace tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan mengetahui kelebihan suatu platform Anda bisa mengoptimalkan strategi marketing disana. 

Misalnya Facebook yang memang memiliki keunggulan di selling, maka dengan mudah Anda bisa memasang konten selling di platform tersebut Tentunya konten sellinga akan sulit digunakan di instagram yang notabene lebih bagus untuk jangkauan awareness melalui visual. 

Dari 11 tips jualan online di atas, kira-kira tips mana yang sudah Anda lakukan untuk strategi penjualan? pastikan untuk mengimplementasikan tips  di atas untuk produk, agar target  dan strategi penjualan bisa tercapai secara optimal.

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest

Share This