Strategi Promosi Akhir Tahun – Akhir tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu untuk menyambut tahun baru. Beragam acara dan strategi promosi sering sudah terencanakan untuk menyambut tahun baru. Diskon dan promo menarik pun juga selalu dinantikan untuk dapatkan produk yang selama ini diinginkan. Walaupun sebenarnya harganya sudah dimarkup, tetapi kebanyakan orang masih tertarik dengan label diskon.

Meski demikian, dalam penerapannya, promo harga perlu melakukan strategi promosi yang benar dan tepat agar omzet penjualan bisa meningkat sehingga keuntungan yang didapatkan bisa bertambah banyak. Lalu bagaimana melakukan strategi pemasaran dengan promo yang paling baik?

1. Diskon/Potongan Harga/Price Markdown

Diskon atau potongan harga merupakan salah satu strategi pemasaran produk dalam bisnis yang terbukti masih efektif hingga saat ini. Banyak pelaku bisnis yang menggunakan strategi promosi ini. Jenis promosi yang paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis yaitu waktu diskon, diskon awal bulan, untuk ulang tahun, diskon sesuai nama dan masih banyak lagi.

2. BOGOF (Buy 1 Get 1 FREE)

Strategi promosi diskon beli satu gratis satu ini paling sering dijumpai dimall atau supermarket. Memang biasanya harganya sudah dinaikkan terlebih dahulu sebelum di diskon, tetapi bagi yang kurang tahu soal harga pastinya ini sangat menarik.

3. Post and Discount

Memberikan diskon 50% bagi yang melakukan post produk yang akan mereka beli melalui social media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya disertai dengan caption yang menarik tentang produk yang dibeli dan menandai minimal 4 teman pada akun sosial media yang dimiliki. Strategi promosiini terbukti ampuh menarik konsumen terutama anak-anak muda, selain itu dengan post disosial media dan menandai teman ini juga bisa menjadikan promosi gratis dari bisnis kita, jika sehari saja ada 100 orang yang beli berarti secara tidak langsung ada 400 orang yang mengetahui produk kita.

4. Diskon Pengguna Kartu Kredit

Strategi promosi dengan memberikan diskon bagi pengguna kartu kredit ini sudah banyak digunakan saat ini, karena masyarakat saat ini sudah banyak yang menggunakan kartu kredit. Memang bagi pengguna kartu kredit akan dimanjakan oleh promo-promo menarik setiap waktu. Apalagi biasanya banyak ditemui dimall, restoran dan toko online. Contohnya ’’Diskon 25% bagi pengguna kartu kredit Bank X dengan minimal pembelian Rp 500.000”.

5. Diskon Cashback

Cashback adalah memberikan potongan harga dengan bentuk uang kembalian, strategi promosi ini bukan lagi potongan harga seperti pada diskon. Diskon diberikan berupa potongan dalam bentuk persentase atau potongan harga, sedangkan cashback dapat berupa rupiah. Contohnya “Dapatkan cashback Rp500.000 untuk setiap pembelian sepeda Polygon”.

6. Grup Diskon

Grup diskon adalah strategi promosi dengan memberikan diskon kepada orang yang datangnya lebih dari satu orang. misalnya: “Ajak 4 orang temanmu, dan dapatkan diskon 25% setiap pembelian paket ayam medium”. Strategi ini dinilai cukup efektif untuk menarik minat konsumen datang, apalagi bagi mereka yang ingin makan bareng teman dengan biaya yang lebih murah.

7. Diskon Member

Program membership merupakan strategi promosi dari perusahaan untuk mempertahankan pelanggannya. Perusahaan retail seperti supermarket, pusat perbelanjaan, SPBU, toko buku dan café menggunakan strategi ini.

Demikianlah pembahasan mengenai strategi promosi pemasaran produk dengan pemberian diskon paling menarik. Lalu strategi diskon mana yang akan Anda terapkan pada bisnis Anda? Jika sudah mendapatkan strategi promosinya jangan lupa untuk memperhitungkan keuntungan yang akan didapatkan, jangan sampai salah perhitungan yang mengakibatkan bisnis anda mengalami kerugian.

Pin It on Pinterest

Share This