Desain Website Dan Desain Grafis – Istilah desain website dan desain grafis memang telah populer seiring meningkatnya popularitas dunia digital. Keduanya digunakan sebagai media kreatifitas untuk memberikan tampilan terbaik pada tempatnya masing-masing.

Selain itu, desain website dan desain grafis juga sangat mencolok perbedaannya. Hanya saja masih ada sebagian orang yang terjebak pada kesalahan dengan mengartikan bahwa keduanya adalah sama padahal tentu tidak. Kalau begitu, apa sebenarnya perbedaan antara desain website dan desain grafis? Berikut ini ulasan mengenai perbedaan antara desain website dan desain grafis yang dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Desain Website dan Desain Grafis

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diingat bahwa baik desain website ataupun desain grafis sama-sama dikerjakan oleh orang yang memang ahli di bidangnya. Desain website dan desain grafis sama-sama membutuhkan ketelitian yang luar biasa dalam membuatnya.

Desain website dan desain grafis sama-sama membutuhkan ketelitian yang luar biasa dalam membuatnya.

Yang pertama adalah desain grafis. Desain grafis dapat diartikan sebagai semua jenis desain yang dalam hal ini ditujukan untuk semua media yang dicetak dan hasilnya berupa gambar. Desain grafis dengan mudah dapat ditemukan di beberapa contoh hasil cetak seperti iklan surat kabar, iklan majalah, di billboard, logo, brosur, pamflet, buku label, dan sebagainya. Sederhananya setiap desain yang sudah di cetak dapat dikategorikan sebagai desain grafis.

Kemudian, ada desain website. Desain website merupakan sebuah pekerjaan dari jasa pembuatan website yang mengkhususkan diri pada pembuatan sebuah halaman website di internet. Orang yang berkecimpung dalam desain website disebut sebagai web desainer. Hasil dari desain website adalah sebuah tampilan website yang harus diakses secara online.

Cara membuat desain website dan desain grafis pun berbeda. Desain grafis dibuat dengan cara menggambar desain secara langsung melalui aplikasi tertentu. Aplikasi yang digunakan untuk membuat desain grafis sendiri berbeda dengan desain website. Untuk membuat desain grafis, aplikasi yang digunakan adalah seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Indesign, dan lain sebagainya.

Sedangkan desain website dibuat dengan cara mulai dari melakukan customize tema hingga coding. Para web desainer umumnya menggunakan sejumlah aplikasi dalam membuat website di antaranya adalah HTML, CSS, XHTML, Java Script, dan lain sebagainya. Dan terkadang, web desainer juga perlu membuat desain grafis terlebih dahulu untuk membantu visualisasi desain website yang akan dibuat. Desain grafis ini yang dalam dunia pembuatan website biasa disebut dengan mock up desain.

Desain website dan desain grafis sama-sama memiliki tujuan dalam proses pembuatannya. Desain website bertujuan untuk mendesain atau menata atau mempercantik sebuah tampilan dari sebuah website yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti company profile sebagai media promosi, atau website toko online yang digunakan untuk tempat penjualan suatu produk.

Para pembuat desain website dan desain grafis profesional sama-sama mengkhususkan diri pada penggunaan dan pemilihan warna-warna yang baik dan bisa mempengaruhi audiens. Selain itu, mereka juga diharuskan memiliki keterampilan serta kemampuan yang baik agar bisa menyampaikan dan membawa pesan dari suatu produk kepada audiens sehingga audiens mengetahui ada makna apa dibalik suatu produk.

Dalam proses menyampaikan ide dan makna kepada para audiens tersebut mereka menggunakan simbol-simbol atau gambar-gambar teknis yang mewakili pesan dibalik suatu produk. Selain itu mereka juga tahu bagaimana menyeimbangkan simbol-simbol tersebut dengan warna-warna sehingga tercipta suatu karya yang pas dan bagus.

Jadi sekarang sudah jelas ya perbedaan antara desain website dan desain grafis. Jika Anda ingin membuat website dengan desain custom, Anda sudah berada di tempat yang tepat. Di bulan Januari ini, ada PROMO AWAL TAHUN di tebar.co.id untuk Anda yang ingin membuat website dengan desain custom. Cek promo selengkapnya di sini.

 

   

Pin It on Pinterest

Share This