Cara membuat website gratis bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Google yaitu Google Bisnisku. Google Bisnisku merupakan tools terbaru yang dibuat oleh pihak Google. Google Bisnisku dibuat untuk mengelola bisnis yang Anda daftarkan lokasi nya di Google Maps. Di dalam Google Bisnisku ini, Anda bisa memasukkan info detail bisnis Anda dan mengubahnya, seperti jam buka, no. telfon, situs website dan lain-lain.

Selain itu, Google Bisnisku juga dilengkapi dengan fitur pembuatan website gratis. Fitur ini termasuk fasilitas yang memberikan opsi bagi Anda. Opsi seperti apa ya? Jika bisnis Anda sudah terdaftar di Google Map namun belum memiliki website, Anda bisa membuat website di Google Bisnisku. Alamat website Anda akan muncul di kolom website dan melengkapi informasi bisnis Anda di Google Map. Jika Anda sudah memiliki website profesional, Anda cukup memasukkan alamat web tersebut ke kolom website di pengaturan.

 

Bagaimana Cara Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku?

 

Cara membuat website gratis adalah dengan mengakses pada dashboard Google Bisnisku. Bila Anda ingin mengetahui bagaimana caranya membuat Google Bisnisku, maka Anda harus mengetahui bahwa kustomisasi dari websitenya masih sangat terbatas. Selain itu domainnya juga diakhiri dengan business.site, jadi Anda tidak bisa bebas menentukan nama domain.

Walau diperoleh secara gratis, website yang dibuat menggunakan Google Bisnisku memiliki desain dan fitur yang masih sangat terbatas.

Cara Membuat website gratis Google Bisnisku cukup mudah. Anda dapat melihat langkah-langkahnya berikut ini.

1. Sign In

Pertama kali yang harus dilakukan yaitu mengakses Google Bisnisku melalui link berikut ini https://www.google.com/business. Setelah itu silahkan sign in ke akun Google Anda. Selesai sign in, Anda ditujukan pada dashboard yang merupakan halaman pertama website. Klik link tulisan start now, kemudian masukkan beberapa lokasi yang digunakan di Google Bisnisku.

2. Get Started

Cara membuat website gratis Google Bisnisku berikutnya yaitu klik menu website. Disana terdapat tampilan perkenalan serta informasi mengenai website Google Bisnisku, selanjutnya terdapat Get Started lalu klik tulisan tersebut. Ini adalah langkah awal yang digunakan untuk memulai membuat website.

3. Menunggu Proses Selesai

Setelah get started ditekan, maka otomatis Google akan melakukan proses pembuatan website. Konten website juga terbatas hanya berupa info yang ada di Google Map. Jadi Anda tidak bisa menambah menu seperti Portofolio, Katalog, dll.

4. Syncronisasi

Proses pembuatan telah selesai kemudian muncul tulisan welcome pada website. Lanjutkan klik icon centang untuk mulai menggunakannya. Beberapa saat kemudian Google menginformasikan kepada Anda untuk melakukan syncronisasi. Proses syncronisasi dilakukan supaya informasi website sama seperti di Google Bisnisku.

5. Mendesain Website

Cara membuat website gratis Google Bisnisku selanjutnya yaitu mendesain. Desain website di Google Bisnisku juga terhitung sederhana. Anda hanya cukup memilih tema yang disediakan. Selain tema, Anda juga bisa mengatur elemen website lainnya seperti font tulisan, warna, dan upload foto bisnis.

6. Publish

Selesai mendesain dan upload foto, selanjutnya aturlah alamat website dan bahasa website. klik tombol publish supaya Google mengetahui kalau website siap digunakan. Halaman berikutnya akan muncul nama domain website gratis. Anda bisa memilih domain tersebut, kemudian konfirmasi dan klik view site.

Website Google Bisnisku telah siap dipakai. Jika Anda kurang puas dengan keterbatasan fitur yang disediakan, sebaiknya Anda langsung konsultasi ke jasa pembuatan website. Di TEBAR.CO.ID, Anda akan mendapatkan website dengan desain variatif, fitur lebih lengkap, dan gratis domain profesional. Pilihan ada di tangan Anda, namun pilihlah yang terbaik untuk bisnis Anda!

Salam sukses.

Pin It on Pinterest

Share This