Pernahkah Anda singgah pada sebuah website yang menawarkan sebuah produk pada saat sedang browsing di internet? Atau mungkin Anda pernah melihat adanya social media campaign dengan mengusung sebuah produk ataupun brand? Itulah yang kemudian dikenal dengan istilah digital marketing. Bisa dilihat secara sekilas bahwa digital marketing bisa dikatakan sebagai pemasaran digital.

Tanpa mengabaikan istilah digital marketing, disebutkan bahwa digital marketing banyak diminati oleh para startups ataupun pelaku bisnis yang masih baru hingga sudah besar. Praktik digital marketing ini nampaknya memberikan dampak positif atas peningkatan penjualan sebuah produk hingga mampu mendatangkan omzet hingga beberapa kali lipat dari sebelumnya. Adanya keuntungan semacam inilah kemudian marak sekali pelaku bisnis menerapkan strategi digital marketing.

Lantas, apa itu digital marketing?

Secara umum, istilah digital marketing merupakan usaha promosi yang dilakukan oleh para pelaku bisnis dalam menawarkan ataupun memperkenalkan brand produk mereka melalui dunia digital atau internet. Pemanfaatan digital marketing ini dilakukan sebagai bentuk dari meningkatnya penggunaan media internet untuk mendapatkan berbagai informasi. Selanjutnya, dengan persebaran jaringan internet yang lebih luas, menjadikan banyak pelaku bisnis yang berinisiatif ingin mendapatkan konsumen tertarget.

Dalam praktiknya, teknik pemasaran yang menggunakan media digital atau internet ini dilakukan dengan memanfaatkan feature yang terdapat di dalamnya. Dalam hal ini, beberapa feature yang ada seperti website, blog merupakan media yang tepat dalam membuka sebuah toko online untuk dijadikan sebagai cara memperkenalkan produk secara luas.

Hingga kini, sejalan dengan maraknya pemanfaatan digital marketing dalam mempromosikan sebuah produk, maka tanpa mengabaikan istilah digital marketing, dikatakan bahwa ada banyak sekali layanan jasa pemanfaatan digital marketing. Dalam hal ini, pelayanan tersebut diberikan sebagai bentuk bagaimana cara mengiklankan sebuah produk melalui internet dengan menciptakan sebuah lapak online dan dioptimasikan demi mendapatkan traffic yang tinggi.

Strategi pemasaran melalui digital marketing

Masih berkaitan dengan istilah digital marketing yang merujuk pada tindakan pemasaran digital, dikatakan bahwa ada beberapa jenis strategi pemasaran yang memang bisa dijalankan melalui media online. Lebih lanjut, berikut beberapa strategi yang bisa diterapkan dengan memanfaatkan digital marketing itu sendiri.

  1. Website bisa dijadikan sebagai lapak dalam mempromosikan produk secara online
  2. Strategi SEO untuk memaksimalkan pencarian agar sebuah website bisa muncul pada halaman pertama mesin pencarian
  3. Social media marketing lebih kepada penggunaan facebook, instagram, tweeter dan lain sebagainya
  4. Online advertising merujuk pada strategi yang mencangkup PPC (Pay per Click), youtube ads dan masih banyak lagi
  5. Email marketing merupakan solusi promosi dengan memanfaatkan email sebagai media untuk menawarkan dan memperkenalkan produk

Itulah sekilas tentang digital marketing yang memang perlu Anda pahami bersama. Dalam hal ini, peranan digital marketing sangatlah penting dalam memperkenalkan sebuah produk kepada masyarakat melalui internet. Anda bisa konsultasikan kepada jasa layanan digital marketing. Dengan cara ini, maka jangkauan akan semakin luas dan peluang mendapatkan pelanggan akan jauh lebih besar.

Pin It on Pinterest

Share This