Jenis – Jenis Website – Ketika kita berbicara tentang Teknologi Informasi, yang salah satunya adalah Internet, memang tidak akan pernah ada habisnya. Teknologi Internet itu sendiri ada beragam jenis dan penggunaannya, tapi pada umumnya internet sangat identik dengan yang  namanya website. Website merupakan sarana informasi yang terus berkembang, jenis – jenis website juga terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan dan kebutuhan manusia dalam teknologi informasi.

Apa Saja Jenis – Jenis Website Itu?

Dilihat dari segi kontennya, jenis – jenis website terbagi menjadi 2 macam, yaitu :

1. Website Statis

Website statis merupakan situs web yang isi kontennya tidak dapat dirubah secara langsung oleh end-user, atau situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual (wikipedia). Didalam web statis tidak mempunyai ruang penyimpanan, seperti basis data. Jadi informasi yang disampaikan ditulis langsung kedalam sintax atau kode program, yang tentunya hanya seorang programmer-lah dapat melakukan perubahan informasi tersebut.

2. Website Dinamis

Website dinamis merupakan situs web yang secara spesifik didesain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah, bahkan oleh orang yang tidak mengerti bahasa pemrograman komputer sekalipun. Sesuai dengan namanya, isi yang terkadung dalam situs web ini umumnya akan berubah setelah melewati satu periode tertentu. Intinya, kapanpun si pengelola website ingin melakukan penambahan atau perubahan konten informasi, dia akan dengan mudah melakukannya tanpa harus bersentuhan dengan kode program. Biasanya, dengan kemampuan website dinamis ini, memungkinkan akan ada interaksi 2 arah antara pengunjung website dengan pengelola website.

Sekarang sudah jamannya menggunakan website dinamis. Disamping kemudahan penggunaannya, kebutuhan informasi yang up to date adalah menjadi tuntutannya. Nah, bicara tentang website dinamis, ternyata ada banyak juga jenisnya berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Berikut ini adalah jenis – jenis website dinamis yang kami maksud :

1. Website Company Profile

Walaupun banyak Website Company Profile dibuat dengan website statis, namun dengan seiring perkembangan zaman seperti sekarang ini, ternyata Website Company Profile sudah beralih menjadi website dinamis. Selain itu juga, sekarang ini website tersebut lebih banyak dan lebih mudah diketahuai oleh publik.

2. Website Berita & Blog

Dengan manfaat yang begitu banyak, web seperti inilah yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Salah satu fungsi dari Website Berita & Blog ini adalah pemilik bisa menuangkan ide-ide maupun kejadian disekitarnya dalam bentuk artikel yang dipublikasikan di internet secara up to date. Bisa juga sebagai buku harian dari pengalaman si pemilik blog. Selain itu blog juga dapat digunakan untuk menyampaikan informasi berupa tutorial terhadap suatu metode dari suatu permasalahan.

3. Website Search Engine

Website Search Engine (mesin pencari) adalah website yang menyediakan fasilitas untuk mencari suatu data dari internet berdasarkan keyword (kata kunci). Contoh Website Search Engine, yaitu Google, Yahoo, Bing, MSN, Ask, Alexa, Aol, Looksmart, dan masih banyak lagi.

4. Website Wiki

Siapa yang tidak mengenal dengan Wikipedia? Website Wiki inilah website yang paling terkenal saat ini. Website wiki adalah website yang memperbolehkan pengunjung untuk ikut menulis maupun menyunting artikel dengan mengacu pada peraturan – peraturan tertentu. Meskipun website Wiki ini bebas diedit oleh siapapun, namun tetap ada sekelompok orang yang bertugas untuk memeriksa konten yang dimuat apakah layak untuk dipublikasikan.

5. Website Social Networking

Social Media merupakan salah satu yang paling fenomenal saat ini yang diwakili oleh facebook dan twitter. Social Media  adalah situs pertemanan online yang disediakan bagi para membernya untuk bertukar informasi dan media elektronik lainnya seperti foto, musik dan video.

6. Website Forum

Adalah website yang digunakan untuk mendiskusikan suatu permasalahan atau juga bisa digunakan untuk memposting suatu metode. Website seperti ini termasuk website yang sering digunakan oleh pengguna internet. Selain untuk mencari dan menyebarluaskan  informasi ternyata Forum juga dapat digunakan untuk berniaga kepada pengguna Forum. Forum yang terkenal di Indonesia saat ini adalah Forum KasKus.

7. Website E-Commerce

Website E-Commerce atau Toko Online merupakan website yang digunakan untuk menyediakan informasi mengenai suatu barang atau jasa online. Kelebihan dari website ini yaitu pemilik website mempunyai cakupan pasar yang luas, bahkan global. Contohnya adalah tokopedia, olx, maupun toko online pribadi, bisnis dan korporat.

8. Website Gallery

Kata Instagram pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Instagram inilah salah satu contoh dari Website Gallery yang fungsinya adalah sebagai media penyimpanan file berupa gambar diinternet. Contoh lainnya seperti Picasa.

9. Website E-Learning

E-Learning Kependekan dari Electronic Learning (proses belajar melalui media elektronik). Jadi fungsi website ini adalah menyimpan materi secara online tentunya pengguna bisa mengakses materi tersebut kapanpun dan dimanapun.

Baca juga : Manfaat Website Untuk Bisnis

Ulasan ini semoga memberi wawasan mengenai Teknologi Informasi khususnya website, sehingga dapat membantu Anda dalam memutuskan website mana yang lebih tepat Anda gunakan dalam bisnis Anda. Jika Anda sudah memiliki keputusan mau membuat website jenis apa, selanjutnya Anda akan lebih mudah menjelaskan kebutuhan Anda kepada penyedia layanan jasa pembuatan website.

Salam,

TebarSDev
Leading in Developing The Company’s Website and Applications